Senin, 05 November 2018

5 Keahlian Yang Harus dimiliki ANALIS SISTEM

5 Keahlian Yang Harus dimiliki ANALIS SISTEM

Keahlian Yang harus dimiliki analis sistemAnalis sistem adalah salah suatu profesi yang bagus untuk memulai karir dibidang IT. Analis sistem mempelajari masalah dan ke kebutuhan dari suatu organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi informasi.


Seorang analis sistem juga merupakan orang yang paling bertanggung jawab pada proses analisis dan perancangan sistem informasi.Tugas utama dari seorang analis sistem adalah menentukan bentuk sistem yang akan dibangun nantinya.

Oleh sebab itu sebagai seorang analis sistem, 'harus'lah memiliki dan dibekali dengan beberapa keahlian spesifik, seperti :

1. Keahlian Analisis

Keahlian analisis sistem digunakan untuk memetakan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan klien yang bisa diselesaikan dengan sistem informasi dan yang tidak.
Dengan menganalisa komponen-komponennya maka seorang analis sistem akan lebih mudah memahami keseluruhan proses bisnis yang berjalan dan menentukan subsistem mana yang berindikasi mengalami masalah.

2. Keahlian Teknis

Seorang dituntut untuk mengenal dan menguasai perangkat lunak maupun perangkat keras terbaru, serta mengetahui keunggulan maupun batasan dari teknologi tersebut. Hal ini sangat membantu analis dalam memilih teknologi yang tepat untuk keperluan klien yang spesifik. Keahlian Teknis dapat diperoleh dari pendidikan formal ataupun latihan khusus dan jam terbang yang lama dalam mengembangkan sistem informasi.

3. Keahlian Manajemen

Analis sistem bertanggung jawab mengatur sumber daya yang dibawah kendalinya, seperti programer dan teknisi. Manajemen tugas yang tepat sangat berpengaruh pada cepat lambatnya penyelesaian proyek. Analis sistem juga harus mampu memprediksi faktor-faktor eksternal seperti kenaikkan harga perangkat, munculnya pesaing dan lain-lain.

4. Keahlian berkomunikasi

Selain ke tiga keahlian tadi, seorang analis sistem juga harus memilik keahlian dalam berkomunikasi atau biasa disebut interpersonal skill. Keahlian ini sangatlah diperlukan untuk menjaring informasi yang akurat tentang permasalahan yang ada pada kliennya. Komunikasi juga diperlukan untuk koordinasi dan instruksi dengan stakeholder yang lain. Dengan menjalin komunikasi secara efektif maka perkembangan proyek dan perubahan terbaru dapat dimonitor dan direspon dengan baik.

Adapun hal-hal tanggung jawab dari seorang analis sistem meliputi:

1. Pengambilan data yang efektif dari sumber bisnis.
2. Aliran data menuju komputer.
3. Pemrosesan dan penyimpanan data dengan komputer.
4. Aliran dan Informasi yang berguna kembali ke proses bisnis dan penggunanya.

Jadi "analis sistem" merupakan individu kunci dalam proses pengembangan sistem. Sebagai seorang stakeholder dalam dunia bisnis maka harus memiliki ke empat keahlian tersebut.

Artikel ini diperoleh dari informasi buku Analisis &  Perancangan sistem Operasi, Karya hanif al fatta.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel singkat ini. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam pengetahuan dibidang IT dan yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mencari nilai x, y, & z menggunakan metode gauss

See the Pen GaZgWP by Faisal Indrianto ( @faisal-indrianto ) on CodePen .